Kamis, 05 September 2013

Kenangan waktu jadi mahasiswa baru

OPAK (Orientasi Pengenalan Akademik) tahun 2013

Tanggal 2 september 2013, waktu dimulainya pelaksanaan OPAK. Seketika aku terbayang pengalaman pada tahun 2012. Tepatnya bulan september tahun 2012, tapi aku lupa tanggalnya. Pada tahun itu aku masuk Unila, universitas negeri di provinsi lampung. Satu-satunya universitas negeri diprovinsi tersebut. Pada waktu itu aku diantar Bapa untuk daftar ulang dan mencari kos. Entah kebetulan atau bagaimana, aku bertemu dengan teman satu sekolah, dan satu kelas pula, dialah dede hendri. Seorang teman yang sepengetahuan ku ketika SMU, tidak pernah marah dengan siapapun. Seorang yang pendiam.
Setelah daftar ulang aku bersama Bapa dan dede hendri mencari kos-kosan, hingga waktu Duhur. Aku tak menemukan tempat yang kucari. Bapa pun memutuskan untuk pulang ke Cilegon sehabis Duhur karena mengejar waktu untuk bekerja. Bapa pamit dan aku bersama Dede mencari kos-kosan di sekitar kampus Unila. Kami memutuskan menempati sebuah kos-kosan di belakang Unila. Tepatnya dikampung baru.
Orientasi Pengenalan Kampus (OSPEK)
Setelah daftar ulang dan diberi perlengkapan perkuliahan (almamater, panduan menulis dsb) aku mulai mempersiapkan diri mengikuti OSPEK. Saat ini tanggal 4 September 2013 aku tertegun melihat ribuan mahasiswa baru di IAIN Banten. Aku ingat pengalaman ketika OSPEK, banyak kenangan yang sampai saat ini masih melekat. Mungkin sama dengan para mahasiswa baru yang saat ini masih mengikuti kegiatan OPAK. Dengan kaos putih dan celana hitam serta kaos kaki panjang khas pemain bola mereka dengan antusias mengikuti materi demi materi yang diberikan panitia. Aku masih ingat ketika kami dikumpulkan di GSG Unila untuk perkenalan OSPEK. Didepanku duduk seorang perempuan yang menurutku saat itu cantik. Perawakan khas perempuan lampung, wajah putih mata sipit. Dan masih banyak lagi mahasiswa satu angkatan baik satu program studi atau lain program studi yang cantik-cantik. Aku senang ketika itu. Apalagi setelah aku berkenalan dengan perempuan di depanku. Namanya trisia, nisa dan icha. Ah senang sekali mendapat teman baru. Cantik pula.
Okeh untuk para mahasiswa baru dimanapun berada, apapun niat kalian untuk kuliah, sadarilah bahwa kita setidaknya harus memiliki integritas. Itulah modal kalian untuk bisa bertahan dalam dunia kemahasiswaan atau ketika lulus kelak. TABIK!!! Hidup mahasiswa!!!






Tidak ada komentar:

Posting Komentar